Aplikasi Menu Makanan dengan Java
Baca Juga
Aplikasi Menu Makanan dengan Java - Pada tutorial ini saya akan menjelaskan langkah - langkah membuat aplikasi menu makanan sederhana menggunakan Netbeans. Berikut tahap - tahap dalam pembuatan aplikasi menu makanan:
1. Buat project baru dengan nama App_Restoran dan Package Menu serta JFrame Form Menu_Utama
2. Desainlah form sebagai berikut :
3. Sesuaikan properties pada komponen - komponen control seperti tabel berikut:
Komponen | Variable Name | Properties |
---|---|---|
JLabel1 | - | Text : Resto Segar Enak |
JLabel2 | - | Makanan |
JLabel3 | - | Harga |
JLabel4 | - | Jumlah |
JLabel5 | - | Total Harga |
JLabel6 | - | Rp. 10.000,- |
JLabel7 | - | Rp. 15.000,- |
JLabel8 | - | Rp. 9.000,- |
JLabel9 | - | Rp. 18.000,- |
JLabel10 | lblTHrgMieAyam | Rp.0,- |
JLabel11 | lblTHrgAyamPenyet | Rp.0,- |
JLabel12 | lblTHrgNasiGoreng | Rp.0,- |
JLabel13 | lblTHrgSotoAyam | Rp.0,- |
JLabel14 | - | TOTAL BAYAR |
JLabel15 | lblTJlh | 0 Porsi |
JLabel16 | lblTBayar | Rp.0,- |
JCheckBox1 | cboxMieAyam | Mie Ayam |
JCheckBox2 | cboxAyamPenyet | Ayam Penyet |
JCheckBox3 | cboxNasiGoreng | Nasi Goren |
JCheckBox4 | cboxSotoAyam | Soto Ayam |
JTextField1 | txtJlhMieAyam | Editable:Unchecklist |
JTextField2 | txtJlhAyamPenyet | Editable:Unchecklist |
JTextField3 | txtJlhNasiGoreng | Editable:Unchecklist |
JTextField4 | txtJlhSotoAyam | Editable:Unchecklist |
JButton1 | btnHitung | Text:Hitung |
JButton2 | btnReset | Text:Reset |
JButton3 | btnKeluar | Text:Close |
private void cboxMieAyamActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) { if (cboxMieAyam.isSelected()== true){ txtJlhMieAyam.setEditable(true); txtJlhMieAyam.requestFocus(); else { txtJlhMieAyam.setEditable(false); txtjlhMieAyam.setText(""); lblThargaMieAyam.setText("Rp.0,-"); } } |
private void cboxAyamPenyetActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) { if (cboxAyamPenyet.isSelected() == true){ txtJlhAyamPenyet.setEditable(true); txtJlhAyamPenyet.requestFocus(); } else { txtJlhAyamPenyet.setEditable(true); txtJlhAyamPenyet.requestFocus(); lblTHargaAyamPenyet.setText("Rp.0,-"); } } |
5. Klik kanan cboxNasiGoreng – Event - Action – actionPerformed, masukan kode berikut :
private void cboxNasiGorengtActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) { if (cboxAyamPenyet.isSelected() == true){ txtJlhNasiGoreng.setEditable(true); txtJlhNasiGoreng.requestFocus(); } else { txtJlhNasiGoreng.setEditable(true); txtJlhNasiGoreng.requestFocus(); lblTHargaNasiGoreng.setText("Rp.0,-"); } } |
private void cboxSotoAyamtActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) { if (cboxAyamPenyet.isSelected() == true){ txtJlhSotoAyam.setEditable(true); txtJlhSotoAyam.requestFocus(); } else { txtJlhSotoAyam.setEditable(true); txtJlhSotoAyam.requestFocus(); lblTHargaSotoAyam.setText("Rp.0,-"); } } |
7. Selanjutnya akan memberi perintah pada btnHitung, klik kanan btnProses - Event - Action –
actionPerformed, tetapi sebelum membuat code pada btnHitung, terlebih dahulu buat dua Class yaitu “pesan_kosong” dan “pesan_karakter”.
Class pesan_kosong berfungsi jika makanan telah dipilih tetapi jumlah pesanan belum di input. Class pesan_karakter berfungsi jika makan telah dipilih tetapi jumlah pesanan yang diinput bukan angka.
8. Berikut kode program untuk class pesan_kosong():
private static void pesan_kosong(){ JOptionPane.showMessageDialog(null, "Jumlah Pesanan Mie Ayam Belum Dimasukkan","Warning", JOptionPane.WARNING_MESSAGE"); } |
private static void pesan_karakter(){ JOptionPane.showMessageDialog(null, "Format Jumlah Makanan Harus Angka","Warning", JOptionPane.WARNING_MESSAGE"); } |
private void btnHitungActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) { int JlhMieAyam = 0, JlhAyamPenyet = 0, JlhNasiGoreng = 0, JlhSotoAyam = 0, HrgAyamMieAyam = 0, HrgAyamPenyet = 0, HrgNasiGoreng = 0, HrgSotoAyam = 0, THrgMieAyam, THrgAyamPenyet, THrgNasiGoreng, THrgSotoAyam, TJlh, TBayar; if (cboxMieAyam.isSelected() == false && cboxAyamPenyet.isSelected()==false && cboxNasiGoreng.isSelected()==false && cboxSotoAyam.isSelected()==false){ JOptionPane..showMessageDialog(null, "Makanan Belum Dipesan","Warning",JOptionPane.WARNING_MESSAGE); } else { if (cboxMieAyam.isSelected()==true){ if (txtJlhMieAyam.getText().length()==0){ pesan_kosong(); txtJlhMieAyam.requestFocus(); } else if (txtJlhMieAyam.getText().matches("[1-9]")){ JlhMieAyam = Integer.parseInt(txtJlhMieAyam.getText()); HrgMieAyam = 10000; THargaMieAyam = JlhMieAyam * HrgMieAyam; lbltHrgMieAyam.setText("Rp. "+THrgMieAyam+",-"); } else { pesan_karakter(); txtMieAyam.requestFocus(); } } if (cboxAyamPenyet.isSelected()==true){ if (txtJlhAyamPenyet.getText().length()==0){ pesan_kosong(); txtJlhAyamPenyet.requestFocus(); } else if (txtJlhAyamPenyet.getText().matches("[1-9]")){ JlhAyamPenyet = Integer.parseInt(txtJlhAyamPenyet.getText()); HrgAyamPenyet = 15000; THargaAyamPenyet = JlhAyamPenyet * HrgAyamPenyet; lbltHrgAyamPenyet.setText("Rp. "+THrgAyamPenyet+",-"); } else { pesan_karakter(); txtAyamPenyet.requestFocus(); } } if (cboxNasiGoreng.isSelected()==true){ if (txtJlhNasiGoreng.getText().length()==0){ pesan_kosong(); txtJlhNasiGoreng.requestFocus(); } else if (txtJlhNasiGoreng.getText().matches("[1-9]")){ JlhNasiGoreng = Integer.parseInt(txtJlhNasiGoreng.getText()); HrgNasiGoreng = 8000; THargaNasiGoreng = JlhNasiGoreng * HrgNasiGoreng; lbltHrgNasiGoreng.setText("Rp. "+THrgNasiGoreng+",-"); } else { pesan_karakter(); txtNasiGoreng.requestFocus(); } } if (cboxSotoAyam.isSelected()==true){ if (txtJlhSotoAyam.getText().length()==0){ pesan_kosong(); txtJlhSotoAyam.requestFocus(); } else if (txtJlhSotoAyam.getText().matches("[1-9]")){ JlhSotoAyam = Integer.parseInt(txtJlhSotoAyam.getText()); HrgNasiGoreng = 18000; THargaSotoAyam = JlhSotoAyam * HrgSotoAyam; lbltHrgSotoAyam.setText("Rp. "+THrgSotoAyam+",-"); } else { pesan_karakter(); txtSotoAyam.requestFocus(); } } TJlh = JlhMieAyam + TJlhAyamPenyet + TJlhNasiGoreng + TJlhSotoAyam; TBayar = HrgMieAyam + HrgAyamPenyet + HrgNasiGoreng + TSotoAyam; lblTJlh.setText(""+TJlh+"porsi"); lblTBayar.setText("Rp. "+TBayar+",-"); } } |
private void btnResetActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt){ txtJlhMieAyam.setEditable(false); txtJlhAyamPenyet.setEditable(false); txtJlhNasiGoreng.setEditable(false); txtJlhSotoAyam.setEditable(false); cboxMieAyam.setSelected(false); cboxAyamPenyet.setSelected(false); cboxNasiGoreng.setSelected(false); cboxSotoAyam.setSelected(false); txtMieAyam.setText(""); txtAyamPenyet.setText(""); txtNasiGoreng.setText(""); txtSotoAyam.setText(""); lblTJlh.setText("0 porsi"); lblTHrgMieAyam.setText('Rp. 0,-"); lblTHrgAyamPenyet.setText('Rp. 0,-"); lblTHrgNasiGoreng.setText('Rp. 0,-"); lblTHrgSotoAyam.setText('Rp. 0,-"); lblTBayar.setText("Rp. 0,-"); } |
private void btnKeluarActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt){ this.dispose(); } |
0 Response to "Aplikasi Menu Makanan dengan Java"
Post a Comment