PENGERTIAN KOMPUTER DAN PERANGKAT DIDALAMNYA


Baca Juga

ASSALAMMULAIKUM WR.WB


  Di Postingan saya ini, saya akan membagikan tentang apa itu komputer? dan bagian2 apa saja yang ada pada komputer. untuk mempersingkat waktu langsung saja kita ke pembahasan materi berikut ini:

A. PENGERTIAN KOMPUTER

        Menurut definisi, komputer adalah sekumpulan alat elektronik yang bekerja sama satu sama lain yang terkoordinasi dibawah kontrol program dengan kemampuan dapat menerima data (input) lalu mengolah data (proses) tersebut kemudian menghasilkan informasi (outpu). Sedangkan pengertian komputer secara umum adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah rumuskan.


B. LATAR BELAKANG 
    postingan ini dibuat agar para pembaca mengetahui pengertian komputer dan bagian-bagian yang ada di komputer.


C. TUJUAN
  •  Mengetahui pengertian komputer
  • Mengetahui bagian-bagian komputer
  • Mengetahui perangkat yang ada di komputer

D. BAGIAN BAGIAN PADA KOMPUTER

       Pada komputer memiliki 2 bagian besar yaitu perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software), kali ini mari kita simak pengertian dari perangkat tersebut.
  • PERANGKAT KERAS (Hadware)
          Perangkat keras adalah semua bagian fisik yang berfungsi untuk memberikan masukan, mengolah dan menampilkan keluaran. intinya itu semua yang berbentuk fisik yang dapat dilihat oleh idra pengelihatan. dalam perangkat keras masih dibagi menjadi empat yaitu:
  1. Perangkat Keras Masukan (input)
        Adalah segala sesuatu perangkat keras yang memberikan masukan  kepada sitem untuk di proses. contoh perangkat keras masukan keyboard, mouse dan scanner.
keyboard&mouse

   2. Perangkat Keras Pemprosesan

        Perangkat pemproses disini yang dimaksud adalah prosessor. prosessor merupakan otak dari komputer yang bertugas sebagai sistem pendali komputer.
Perangkat Keras Pemprosesan


   3. Perangkat Keras Keluaran (output)

        perangkat keluaran ini merupan akhir dari sebuah proses. didalam perangkat keras data dan informasi yang telah diolah oleh pemproses ditampilkan melalui perangkat keluaran ini dalam bentuk fisik, elektronik maupun digital. contoh dari perangkat keras keluaran ini adalah; Monitor, speaker, dan printer.
output

   4. Perangkat Keras Penyimpanan (Memori)

       Perangkat keras penyimpanan adalah tempat penyimpanan data baik yang belum diproses mau pun yang sudah di proses. perangkat keras penyimpanan ini dibagi menjadi dua yaitu:
        1. Memori Primer
              Adalah perangkat penyimpanan yang memiliki akses penyimpanan yang sangat cepat, tapi data yang disimpan disini hanyalah sementara atau tidak permanen. Memori ini berfungsi  untuk membantu kinerja prosessor saat prosessor mengeksekusi data lain. contohnya adalah RAM.
RAM
       2. Memori Sekunder
              Adalah perangkat penyimpanan yang memiliki akses yang lebih lambat, tapi data didalamnya dapat betahan meskipun suplai dayanya sudah dihentikan. Memori ini berfungsi untuk menyimpan data yang sudah diolah dan dapat dimanfaatkan kembali. contoh Memori sekunder yaitu: Hardisk, SSD, Flasdisk.
Memori Sekunder
  • PERANGKAT LUNAK (Software)
           Perangkat Lunak atau software adalah perangakat yang burfungsi sebagai sarana interaksi antara pengguna dengan perangkat keras. perangkat lunak juga bisa dikatakan penerjemah atau tampilan yang dijalankan pengguna komputer untuk diproses oleh perangkat keras. Contoh perangkat lunak yaitu:
           1. perangkat lunak aplikasi, pengolah kata, pengolah angka. ya intinya aplikasi yang mempermudah untuk menjalankan software dan hadware.
         2. Sistem Operasi
                   komponen pengolah peranti lunak dasar (essential component) tersistem sebagai pengelola sumber daya perangkat keras komputer, dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak. Sistem operasi adalah jenis yang paling penting dari perangkat lunak dalam sistem komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali pada saat booting. contoh-contoh sistem operasi yaitu: windows, linux, iOS, Mac OS. 




 E. REFERENSI
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Perangkat_lunak
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Perangkat_keras 

           Cukup sekian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat bagi kalian. apabila ada salah-salah kata mohon dimaafkan. Wassalammualaikum wr.wb



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PENGERTIAN KOMPUTER DAN PERANGKAT DIDALAMNYA"

Post a Comment