Program C Mengunakkan Fungsi


Baca Juga

Program C Mengunakkan Fungsi - kali ini saya akan mencoba untuk membuat fungsi dengan bahasa c, program ini sangat sederhana dan menggunakan looping for dalam bahasa c. program c ini memakai fungsi untuk mencetak kalimat saya anak baik-baik sebanyak yang diinput oleh user. jadi dika nilai yang diinput adalah 10 maka program akan mencetak kata saya anak baik-baik sebanyak 10 kali. perulangan ini tentu sangat efektif agar program tidak dibanjiri oleh koding yang panjang. fungsi dalam program ini juga memudahkan programmer untuk memanipulasi program agar lebih efisien. fungsi dapat dipanggil ataupun tidak dipanggil dan jika fungsi tidak dipanggil maka fungsi juga tidak akan mempengaruhi program utama.

daripada panjang lebar lagi dan makin penasaran, silahkan langsung aja dipratekan script koding bahasa c dengan menggunakan fungsi yang sangat sederhana ini.

Script Program

#include<stdio.h>
#include<conio.h>

int fungsi(int a);

main (){
int a;
printf("Masukkan banyak Perulangan : ");
scanf("%d",&a);
fungsi(a);
getch;
}

int fungsi(int b)
    {
    int i;
    for(i=1;i<=b;i++)
    {
    printf("anda pintar sekali\n");
    }
    return 0;
    }

silahkan copy paste script diatas ke compiler bahasa c anda atau ke notepad dan save dengan ekstensi .c , lalu compile dan jalankan program tersebut. maka tampilan program akan seperti pada gambar dibawah ini jika anda memasukkan angka 5 sebagai nilai input.

Tampilan Program :
program fungsi bahasa c

Penjelasan Script :

#include<stdio.h>
#include<conio.h>

2 baris diatas merupakan pendeklarasian file header yang akan disertakan ke dalam program.

int fungsi(int a); >> baris ini merupakan pedefinisian fungsi agar dapat dipakai dalam main program


main (){
int a;
printf("Masukkan banyak Perulangan : ");
scanf("%d",&a);
fungsi(a);
getch;
}

blok main() diatas merupakan blok program utama dalam program ini. blok program ini meminta input dan akan memangil fungsi untuk mengeksekusi nilai input yang diberikan.

int fungsi(int b)
    {
     int i;
     for(i=1;i<=b;i++)
     {
     printf("anda pintar sekali\n");
     }
    return 0;
    }

blok ini merupakan blok fungsi dimana terdapat perulangan for, dimana perulangan akan berhenti jika nilai dari i sama dengan nilai yang diinputkan oleh user.

semoga penjelsan singkat dan program sederhana ini dapat membantu anda memahami pengunaan fungsi dalam bahasa c ataupun sekedar membantu tugas kuliah ataupun sekolah anda. terima kasih telah setia berkunjung ke blog sederhana ini.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Program C Mengunakkan Fungsi"

Post a Comment