Pengenalan dan Fungsi Bahasa Pemrograman CSS


Baca Juga

Pengenalan dan Fungsi Bahasa Pemrograman CSS untuk Pemula

Pengenalan dan Fungsi Bahasa Pemrograman CSS untuk Pemula
Pengenalan CSS
Halo teman-teman, selamat berkunjung ke website sederhana kami yang kebetulan pada artikel ini kami akan membahas pengeanalan bahasa pemrograman CSS. Tetapi sebelum kita membahas bahasa pemrograman CSS. kami harap teman-teman sudah paham dasar-dasar bahasa pemrograman HTML.

Jika belum teman bisa klik Disini untuk belajar HTML dasar terlebih dahulu. Supaya teman bisa belajar terlebih dahulu, baru kemudian belajar ke seri bahasa pemrograman CSS ini.

Baik, seperti judul diatas artikel kali ini kami akan membahas mengenai apa itu CSS, apa fungsinya, dan bagaimana cara menggunakannya dsb.

Apa itu CSS

CSS adalah singkatan dari Cascading Style Sheet. Css Merupakan kumpulan kode-kode atau skript yang berfungsi untuk menghias dan mengatur gaya tampilan halamn website. Seperti memberi warna, style, ukuran dan posisi ke dalam elemen-elemen html yang pernah kita buat.

Sedikit tentang Css. Css dikembangkan oleh lkomunitas internasional yang disebut World Wide Web Consortiun (W3C), Merupakan komunitas seluruh dunia yang bergabung untuk berkontribusi memberi masukan, menulis dan mengembangkan spesifikasi dari CSS untuk mendefenisikan standar bahasa CSS yang akan digunakan oleh semua orang di dunia. Spesifikasi CSS pertama kali diperkenalkan tahun 1996

Hampir semua website yang teman kunjungi di internet, di design dengan bahasa pemrograman CSSi. Sebagai contoh facebook.com yaitu website media sosialyang cukup familiar juga di design oleh bahasa CSS. Untuk membuktikannya coba teman matikan CSS yang ada dalam facebook. Maka isinya adalah struktur HTML saja, seperti gambar, tag, link, list, dan lain-lain.

Cara penggunaan CSS

Setelah kita tau apa itu CSS dan fungsinya pada halaman website. Kemudian bagaimana cara penggunaan bahasa pemrograman CSS ini.

Ok mari kita bahas, CSS terdiri dari Selektor, deklarasi, Properti dan nilai. Sama halnya bahasa pemrograman Html, Php dan bahasa lainnya. Berikut adalah Contoh penulisan kode CSS :

Body {
        Background-color: yellow;
}

Terlihat dari kode diatas Body adalah selektor (selector), {} adalah deklarasi (declaration), Background-color adalah properti (property) dan yellow adalah nilai (value). maksud dari kode diatas adalah mengatur warna latar pada tag body menjadi warna kuning.

Ok itu saja artikel singkat yang membahas tentang pengenalan bahasa pemrograman CSS. Semoga temen-teman mengerti dari apa yang kami sampaikan diatas. Jika teman-teman ingin tau lebih banyak lagi tentang bahasa pemrograman CSS ini langsung saja kunjungi artikel selanjutnya mebahas Cara menempatkan/ menghubungkan file CSS dengan HTML.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengenalan dan Fungsi Bahasa Pemrograman CSS"

Post a Comment