Pengertian dan contoh gerbang logika NAND (NOT AND)


Baca Juga

Apa itu gerbang logika NAND

NAND adalah gerbang logika yang dibangun dari kombinasi antara gerbang AND dan gerbang NOT, sehingga hasil dari AND selalu dibalikkan.

Jika salah satu inputnya satu maka outputnya adalah 1, dan jika seluruh inputnya 0 maka outptnya 1. kemudian jika seluruh inputnya 1 maka outputnya adalah 0. berikut adalah tabel kebenaran dari gerbang logika NAND.

Tabel kebenaran gerbang logika NAND

Tabel kebenaran gerbang logika NAND
Tabel kebenaran gerbang NAND
Gerbang NAND terdiri dari dua atau lebih dari saluran masukan dan sebuah sinyal keluaran. semua masukan harus berharga tinggi untuk menghasilkan keluaran rendah.

untuk simbol dari gerbang logika NAND. sobat bisa lihat gambar dibawah ini, yakni menunjukkan struktur gerbang logika kombinasi dari gerbang AND dan gerbang NOT. outputnya adalah hasil dari operasi AND-NOT dari masukan. untuk lebih jelasnya sobat bisa lihat gambar simbol dibawah ini :

Gabungan dari gerbang AND dan NOT

Gabungan dari gerbang logika and dan not

Simbol gerbang logika NAND

Simbol gerbang logika nand
Simbol gerbang NAND yang diperlihatkan pada gambar diatas bahawa simbol NOT telah dihapus dan tanda lingkaran dipindahkan pada keluaran gerbanng AND. atau terlihat digeser sedikit kekiri, seolah olah pola segitiga dihapus. sebenarnya sama saja, yang terpenting NAND adalah gabungan dari gerbang AND dan NOT. dan tentu saja simbolnya juga digabung.

Rangkaian listrik gerbang logika NAND

Rangkaian listrik gerbang logika NAND
untuk rangkaian listrik yang diperlihatkan pada gambar diatas. dapat didefenisikan bahwa jika pada Vsumber diberi daya atau sumber tenaga listrik (baterai). dan dialiri dengan sebuah rangkaian listrik penghubung paralel untuk menghidupkan sebuah lampu. disitu ada saklar penghambat antara Vsumber dan lampu. 

pernyataannya bila salah satu saklar dihubungkan seperti A, maka lampu akan teteap hidup. hal ini dibuktikan dari tabel kebenaran tadi yakni A=1 dan B=0 maka outputnya adalah 1 atau hidup. kemudian bila seluruh saklar atau kedua saklar duhubungkan, maka lampu akan mati. hal ini dapat dibuktikan dari tabel kebenaran yakni A=1 dan B=1 maka outputnya adalah 0 atau mati.

secara sistematis dengan pertolongan aljabarboole dituliskan :

persamaan gerbang logika NAND
terimakasih telah berkunjung dan membaca sampai akhir artikel admin yang sederhana ini. saya harap artikel ini dapat memberikan manfaat yang besar. jangan lupa baca juga artikel menarik admin lainnya. assalamualaikum wr wb...


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian dan contoh gerbang logika NAND (NOT AND)"

Post a Comment