Cara Memperbaiki Harddisk Bad Sector Dengan SprinRite


Baca Juga

Bad sector pada harddisk terjadi karena adanya proses cut/copy data yang berakhir mendadak sebelum data selesai dicopy/di cut. misalnya mati lampu atau kabel usb harddisk terlepas ( biasa harddisk eksternal ) bad sector juga bisa disebabkan oleh harddisk yang jatuh dengan asumsi komponen hardware tidak rusak dan faktor-faktor lain yang menyebabkan bad sector pada harddisk. memperbaiki bad sector butuh waktu yang tidak sebentar karena proses recovery yang cukup lama dan memakan waktu. 

Langkah -Langkah Memperbaiki Harddisk Bad Sector :

1. Siapkan CD kosong atau Flashdisk

2. Siapkan Komputer ( PC ) yang support USB atau CD-ROM ( pilih salah satu )

3. Install Spinrite 6.0 pada pc anda

4. setelah install jalankan spinrite 6.0, klik install spinrite on drive ( menggunakan flashdisk ) atau create iso or img file ( menggunakan cd rom ). kali ini yang akan kita coba adalah lewat usb agar gak ribet maka klik install spinrite on drive dan tahan tombol di keyboard sesuai flashdisk trus klik install bootable spinrite. tunggu sampai proses selesai

5. Restart Komputer dan Masuk ke bios, setting di bios agar komputer booting lewat flashdisk.

6. Jika settingan booting benar maka program spinrite akan berjalan 
program spinrite berjalan
Spinrite berjalan
7. Langkah selanjutnya adalah memilih partisi/drive yang mau diperbaiki 
pilih partisi/drive yang ingin diperbaiki
Select Partisi/Drive
8. setelah memlih partisi/drive yang ingin diperbaiki, klik view or change settings dan pilih level spinrite operations ( ane sarankan level 5 biar mankyoss)
view and change setting spinrite
Pilih level 5
9. Setelah itu langkah yang harus dilakukan adalah menunggu dengan waktu yang sangat lama, jadi disarankan biarin komputer bekerja dan tinggalkan dengan mengerjakan aktivitas lain tapi jangan di shut down.

10. Proses perbaikan bad sector ini dapat anda pause, stop, atau lanjutkan tapi ane sarankan biarkan aja komputer anda bekerja dan jangan di stop agar tidak ada kesalahan yang terjadi dan jika sudah selesai melakukan perbaikan bad sector maka level spinrite memasuki level 4
level 4
Dynastat Data Recovery
11. Harddsik bad sector telah sembuh dari penyakitnya. 

Software ini sangat sakti untuk memperbaiki bad sector dengan tingkat kerusakan yang sudah parah, berbeda dengan software recovery lain yang kurang sakti dan kurang ampuh dalam mencover data-data agan di harddsik.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Memperbaiki Harddisk Bad Sector Dengan SprinRite"

Post a Comment