Cara Mudah Mengatasi Laptop / PC Yang Lemot Terbaru


Baca Juga

Cara Mudah Mengatasi Laptop / PC Yang Lemot Terbaru

Kamu punya laptop / PC tapi lemot? atau performanya sudah mulai menurun? memang sangat menjengkelkan kalau memiliki gadget seperti itu, tapi mau bagaimana lagi memang yang namanya perangkat elektronik ada masa pakainya.

Banyak yang mengeluhkan bahwa laptop atau PC mereka prosesnya lambat ( Lemot ). memang penyakit ini juga di rasakan semua yang mempunyai gadget ini, jadi pandai - pandai kita saja dalam memelihara performa gadget kita.

Disini saya akan mencoba membahas bagaimana sih caranya agar laptop / PC kita menjadi tidak lamban atau tidak lemot lagi, nah sebelum kita bahas cara - caranya mari kita simak dulu apa saja sih penyebab laptop / PC kita menjadi lemot.



Faktor - Faktor Yang Membuat Laptop / PC Lemot

  1. Terlalu banyak aplikasi yang tidak penting atau jarang dipakai.
  2. Banyak cache file installasi yang tidak dibersihkan.
  3. Kurangnya perawatan pada gadget.
  4. Banyak nya proses yang berjalan di latar belakang.
  5. Memaksakan proses yang melebihi kapasitas (overcloacking).
  6. RAM dan HDD penuh.
  7. Membuka banyak aplikasi dalam satu waktu.
Kalau dilihat dari kriteria diatas memang cukup banyak alasan mengapa laptop / PC kita menjadi lemot. lantas apa yang harus kita lakukan? yang harus kamu lakukan adalah berusaha mempercepatnya dengan memperhatikan beberapa tips dibawah ini, langsung saja kita simak step by step tata cara mengatasi laptop / PC yang lemot agar performanya ngebut lagi.

Cara Mudah Mengatasi Laptop / PC Yang Lemot Terbaru 2019



1. Hapus aplikasi yang tidak penting!

Dengan menghapus aplikasi - aplikasi yang dirasa kurang penting adalah salah satu cara agar performa laptop / PC kita ngebut kembali. kenapa? karena semakin banyak aplikasi yang terinstall pada laptop / PC maka semakin berkurang kapasitas penyimpanan Hardisk laptop / PC kita. maka dari itu jika dirasa aplikasi yang berkapasitas besar namun tidak seberapa dibutuhkan bisa kamu hapus / uninstall saja.

2. Lakukan pembersihan file - file cache / recent

Proses ini memang agak sulit tapi kamu harus melakukanya jika ingin gadgetmu kembali ngebut. langkah - langkahnya sebenarnya cukup sederhana tapi silahkan kamu pahami dulu. pertama bersihkan file cache yang ada dalam folder Prefect di C>Windows>Prefect buka foldernya lalu hapus semua file cache di dalamnya. yang kedua hapus file cache/recent dari folder temp, letaknya di C>User>App data>Local>Temp hapus semua file yang ada didalamnya ( kemungkinan nanti akan ada 2/3 file yang tidak bisa dihapus, biarkan saja ) namun untuk membuka folder temp ini kamu perlu membuka hidden dulu. kalau di Windows 7 kamu pergi ke Organize>Folder option lalu centang Show hidden files. yang selanjutnya kamu hapus file recent di folder Recent Places, letaknya di bawah folder Downloads. namun jika kamu binggung, silahkan menggunakan aplikasi pihak ke tiga saja seperti CCleaner Pro.

3.Jangan membuka aplikasi terlalu banyak dalam satu waktu

Cara ini di maksudkan agar RAM tidak penuh dengan proses banyaknya aplikasi, memang sih jika RAM gadget kamu berkapasitas besar tak masalah namum tetap harus ada batasan supaya performa laptop / PC kamu terjaga.

4. Hindari membuka aplikasi yang memberatkan kinerja laptop / PC

Maksudnya disini adalah jangan kita membuka suatu aplikasi yang laptop / PC kita tidak mampu membukanya atau bahasanya memaksa membukanya, ini dapat menyebabkan penurunan performa gadget kamu. semisal kita ingin bermain Game, padahal game itu mempunya Requirement yang tinggi kamu paksa jalankan di laptop / PC ber spesifikasi rendah. maka kamu akan di buat jengkel dengan lemot yang amat sangat. karena spesifikasi gadget kamu tidak mendukung syarat - syarat agar dapat menginstall aplikasi tersebut.

5. Tambah RAM atau ganti Hardisk

Ini bagi kamu yang memiliki modal lebih, jika memang laptop / PC kamu sudah mengalami lemot yang amat parah silahkan kamu lakukan upgrade RAM ( Random Access Memory ) tujuanya apa? untuk memperbesar kapasitas penampungan proses sementara pada latar belakang. jika perlu atau jika memang penyimpanan mu hampir penuh silahkan kamu ganti Hardisk laptop / PC kamu. penggantian ini di maksudkan agar kapasitas penyimpanan kamu menjadi lega kembali tidak penuh. karena kapasitas penyimpanan yang longgar akan membuat performa gadget kita menjadi normal dan ngebut kembali.

6. Lakukan perawatan pada gadget secara berkala

Banyak dari kita yang jarang memperhatikan faktor ini. kebanyakan dari kita hanya taunya memakai saja tanpa memperdulikan perawatan pada gadget kita. itukan barang elektronik? iya memang ini barang elektronik tapi jika hanya di pakai saja tanpa adanya perawatan yang rutin dilakukan sama saja seperti manusia yang hanyak di suruh bekerja tanpa di beri waktu untuk beristirahat. kamu mau?? jadi lakukan lah perawatan secara berkala pada laptop / PC. bersihkan debu - debu di sekitar lubang sirkulasi udara. lakukan pembersihan noda - noda yang kemungkinan menutup lubang sirkulasi sehingga udara panas dalam CPU tidak dapat langsung ke luar. jika ini dibiarkan akan berdampak serius di Hardware laptop / PC kamu.

7. Hindari penggunaan dalam jangka waktu terlalu lama

Jangan pernah kamu menggunakan laptop kamu dalam waktu yang lama, kenapa? karena hardware unit milik laptop sangat kecil dan bersifat micro. jika di pakai dalam waktu yang lama akan mengalami panas dan akan mengakibatkan penurunan performa pada laptop kamu. karena sejatinya laptop memang di desain untuk pemakaian dengan jangka waktu yang pendek bukan untuk berlama - lama. jika kamu berniat untuk melakukan pemakaian dalam waktu yang lama silahkan gunakan PC saja, namun PC juga ada waktu limit, tetap harus ada jeda istirahat bagi komponen - komponen pengolah data yang ada di dalam CPU itu snediri.


Itulah beberapa tips cara agar laptop / PC kita tidak lemot lagi. memang banyak step yang harus kamu ikuti untuk membuat laptop / PC kamu kembali pada performa asalnya namum itu semua akan terbayar jika cara yang kamu lakukan berhasil. tidak ada proses yang bisa di lewati secara instan. semua harus diawali dengan tindakan dan kesabaran. jika kamu dalam menerapkan cara diatas laptop / PC kamu masih dirasa lambat atau lemot. kamu bisa tanyakan melalui kolom komentar dibawah ini. atau kamu bisa menghubungi ahli IT terdekat untuk meminta solusi terkait. demikian lah tutorial dari saya, nantikan tutorial saya yang lainya hanya di ImanSho.com untuk berlangganan artikel dari saya silahkan subscribe dulu ya hehe supaya tidak ketinggalan artikel terbaru dari saya. selamat mencoba dan semoga berhasil :)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mudah Mengatasi Laptop / PC Yang Lemot Terbaru"

Post a Comment