Guide Support Dota2 Indonesia : Basic to Intermediate
Baca Juga
HOW TO SUPPORT?
Welcome..welcomee.
Gak bosen-bosen, ketemu lagi sama gue blogger unyu, absurd, menggemaskan nan kece, hehehe. ^_^
Btw, jangan di liatin terus ceweknya mz, nanti kamu sagne yasha, *lmao.
Ok.
Di artikel sebelumnya tentang "Role", disitu gue bahas sekilas mengenai role Support. Nah, di artikel ini gue akan mengupas tuntas setajam silet tentang Support dan seluk beluknya sampe ke akar-akarnya.
Jadi, untuk kamu-kamu-kamu yang hobinya nge-Support tim di Dota2 dengan adanya artikel ini, diharapkan bisa lebih mantep lagi nge-Supportnya.
Btw, ini adalah guide yang lumayan panjang.
So, siapin kopi + cemilan sembari baca artikel ini. Supaya ga bosen lu bisa nyetel lagu kesukaan lu, xD.
And, let it BEGIN!
Apa itu Hero Support?
Hero Support adalah hero yang skill-skillnya memang ditujukan untuk men-support team.
Banyak sekali jenis hero support di Dota2, contohnya support healer, support ganker, support roamer, dll.
Hero support juga sangat efektif dalam teamfight dan begitu mendominasi di early serta mid game. Sementara Carry berjaya di late game.
Hero support tidak begitu membutuhkan gold dari farming, mereka biasanya mendapat gold dari hasil ganking, pull creep, dan bounty rune.
Hero support juga tidak memerlukan item-item mahal untuk menambah damage serta attack speed, yang mereka perlukan adalah item-item support seperti Observer ward, Smoke of Deceit, Sentry Ward, dan jika sedikit ada rejeki bisa buat Mekans dan Blink Dagger.
Hero support juga sangat efektif dalam teamfight dan begitu mendominasi di early serta mid game. Sementara Carry berjaya di late game.
Hero support tidak begitu membutuhkan gold dari farming, mereka biasanya mendapat gold dari hasil ganking, pull creep, dan bounty rune.
Hero support juga tidak memerlukan item-item mahal untuk menambah damage serta attack speed, yang mereka perlukan adalah item-item support seperti Observer ward, Smoke of Deceit, Sentry Ward, dan jika sedikit ada rejeki bisa buat Mekans dan Blink Dagger.
Jadi, kesimpulannya hero Support BUKAN hero farming.
Apa Fungsi dari Hero Support?
Idealnya tim Dota2 adalah yang terdiri dari 3 Core dan 2 Support.
"Supaya apa?".
Jawabannya, supaya tim itu efektif dan balance. Bisa menguasai early sampai late game.
"Supaya apa?".
Jawabannya, supaya tim itu efektif dan balance. Bisa menguasai early sampai late game.
So, dalam draft/pick hero sebenarnya gak bisa pick kebanyakan support atau sebaliknya, kebanyakan pick carry.
Tim yang banyak supportnya, bakal menderita di late game karena gak ada damage output berarti. Sebaliknya juga, tim yang kebanyakan carry bakal susah farming karena tempat untuk farming cukup terbatas, jadi bisa sering dibuli di early game bahkan di late game karena itemnya yang gak jadi-jadi.
Inga-Inga, 3 Core dan 2 Support.
Itu baru tim ideal dan balance. :)
Tim yang banyak supportnya, bakal menderita di late game karena gak ada damage output berarti. Sebaliknya juga, tim yang kebanyakan carry bakal susah farming karena tempat untuk farming cukup terbatas, jadi bisa sering dibuli di early game bahkan di late game karena itemnya yang gak jadi-jadi.
Inga-Inga, 3 Core dan 2 Support.
Itu baru tim ideal dan balance. :)
Hard vs Semi Support
Sama seperti Carry, support juga memiliki hard-support dan semi-support.
"Bedanya apa sih pak, antara hard dan semi support?", tanya seorang anak kepada bapaknya.
Hard support adalah support yang tidak begitu bergantung kepada item, mereka hanya membutuhkan beberapa item, seperti mungkin Bracer, Magic Wand, dan Boots untuk bertahan dalam permainan. Nah, karena tidak begitu membutuhkan item maka biasanya goldnya digunakan untuk membeli item support seperti Observer Ward, Sentry Ward, dan Smoke of Deceit.
Sementara itu Semi Support adalah support yang sedikit membutuhkan gold/item untuk bertahan atau untuk menggunakan skill-skill nya dalam teamfight. Semi support biasanya membutuhkan item Blink Dagger untuk menggunakan Ultimate/Skill AOE nya.
"Standard" tim biasanya mempunyai 1 Hard Support (yang tukang beliin Ward dari awal sampe akhir game), dan 1 Semi Support (yang beliin Kurir dan item support lainnya.)
Sudah tau bedanya?
Nice, kalo gitu kita lanjut.
Seruput dulu kopinya gan.
Seruput dulu kopinya gan.
THE GOLDEN RULES
Sahabat Super.(*logat mario teguh)
Ada hal-hal penting dan aturan yang harus benar-benar dipahami dalam hal Support-Men-Support.
Apa yang harus dilakukan (DO), dan apa yang tidak boleh dilakukan(DON'T DO).
Itu !
Ada hal-hal penting dan aturan yang harus benar-benar dipahami dalam hal Support-Men-Support.
Apa yang harus dilakukan (DO), dan apa yang tidak boleh dilakukan(DON'T DO).
Itu !
Sahabat Super yang berbahagia, berikut point-point penting untuk seorang Support.
Do :
- Pastikan di team Anda mempunyai seekor Kurir.
- Beli dan pasang Observer Ward untuk memberikan vision.
- Deny creep Anda apabila memungkinkan, supaya Exp musuh tersendat.
- Belilah Item yang diperlukan oleh tim Anda.
- Korbankan diri Anda untuk menyelamatkan Carry/Core, jika diperlukan.
Don't :
- Mengambil last hit carry.
- Kill steal dari musuh yang bisa di kill oleh carry Anda.
- Membuat item damage.
- Menghabiskan waktu untuk farming.
- Tidak menghadiri Team Fight terdekat.
Sahabat Super dimanapun Anda berada.
Itulah diatas beberapa hal yang harus dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan untuk seorang Support.
Jika, sudah mengerti. Saya Mario Tengu mohon pamit.
Sampai jumpa lagi di Golden Rules berikutnya.
Mengapa Support adalah role yang bagus untuk Beginners/Newbie?
Jika lu masih baru di Dota2, sebenarnya Support adalah role yang sangat dianjurkan.
Why?
Karena jika lu masih belepotan nge-last hit, sering kena gank musuh, nantinya lu malah jadi beban buat tim.
Makanya, dari dulu gue dan temen-temen gak pernah nyaranin Beginners/Newbie pake Carry, soalnya gue juga dulu diajarin kek gitu.
"Lu harus bisa Support, baru boleh pakek Carry!", Suhu gue berkata demikian.
"Lu harus bisa Support, baru boleh pakek Carry!", Suhu gue berkata demikian.
Karena experience lu masih cetek, masih imut-imut.
Karena Carry itu ujung tombak team, item harus jadi secepatnya supaya bisa menangin permainan.
Gue pikir "Iya juga ya!".
Dengan posisi gue sebagai support, gue jadi bisa leluasa melihat pergerakan musuh karena gak fokus farming. Dan gue juga bisa membantu semua lane untuk menjaga Core.
Karena Carry itu ujung tombak team, item harus jadi secepatnya supaya bisa menangin permainan.
Gue pikir "Iya juga ya!".
Dengan posisi gue sebagai support, gue jadi bisa leluasa melihat pergerakan musuh karena gak fokus farming. Dan gue juga bisa membantu semua lane untuk menjaga Core.
Tugas gue gampang, cuma beli Ward terus pasang, sisanya pull/stack creep neutral.
Gampang banget.
Gampang banget.
Jadi, buat Newbie bukannya gak boleh pake carry.
Tetapi sangat dianjurkan untuk mencoba role support dulu agar mengetahui Basicnya. Supaya nanti sewaktu pake Carry udah bisa menyesuaikan.
Gitu hlo maksudnya. Biar gak gelagapan kalo disuruh pake Support.
Karena nanti di High Rank harus bisa menguasai semua role.
Tetapi sangat dianjurkan untuk mencoba role support dulu agar mengetahui Basicnya. Supaya nanti sewaktu pake Carry udah bisa menyesuaikan.
Gitu hlo maksudnya. Biar gak gelagapan kalo disuruh pake Support.
Karena nanti di High Rank harus bisa menguasai semua role.
SUPPORT DI EARLY(AWAL) GAME
Tugas klasik support pada dasarnya yaitu menjaga (babysit) carry di safe lane.
Tapi ada juga beberapa tugas tambahan yang harus dilakukan seorang Support, yaitu :
- Membantu carry untuk farming
- Menjaga carry dari ganking musuh
- Membantu carry mendapatkan kill
- Deny creeps friendly (creeps sendiri)
- Menggangu/Harass hero musuh
- Stacking creep, Pull creep, dan Kontrol lane
Itulah beberapa tugas tambahan dari seorang Support yang nanti bakal gue rinci satu persatu dibawah.
Membantu Carry untuk farming
Apapun alasannya, tetap carry adalah yang utama dan pastikan carry farm dengan baik di lane. Jangan sekali-kali mengambil last hit creeps, tugas support hanya mendeny friendly creeps supaya exp musuh tersendat. Lu bisa pull creeps (nanti gue kasih tau caranya) untuk mendapat gold, atau mengambil bounty rune.
Lu dan carry lu disini harus bisa "Win the lane" maksudnya, lu harus bisa mendominasi lane untuk mendapatkan last hit yang banyak. Tergantung situasi dan damage output lu dan si carry, lu bisa milih untuk bermain :
- Agresif, lu bisa main seagresif mungkin. Dari harras musuh pake skill, atau nyicil dengan attack biasa supaya musuh ragu-ragu dan mundur untuk farming. Tentunya hal ini sangat menghambat hero musuh untuk mendapatkan gold dan exp. Atau jika damage hero lu lumayan besar, kenapa ngga lu kill hero musuhnya?
- Pasif, jika damage nuke lu kecil dan ingin bermain safe. Tujuannya supaya carry bisa mendapatkan banyak last hit. Dan fokus lu hanya mendeny friendly creep. Sesekali boleh harass musuh, tetapi fokus last hit dan deny yang lebih penting.
Menjaga Carry dari ganking musuh
Di awal game, carry adalah hero yang sangat-sangat rapuh.
Tak berdaya.
Lemah.
Kasian ya?
Maka dari itu, seorang carry membutuhkan bantuan dari seorang support untuk menjaganya dari ganker musuh yang bisa muncul kapan saja.
Tak berdaya.
Lemah.
Kasian ya?
Maka dari itu, seorang carry membutuhkan bantuan dari seorang support untuk menjaganya dari ganker musuh yang bisa muncul kapan saja.
Jangan sekali-kali meninggalkan carry sendirian untuk farming! Apalagi di menit-menit awal (<10). Very risky !
Jika, lu roam untuk memasang ward atau sentry ward, stack creep atau ganking. Setelah itu, langsung balik lagi ke lane untuk menemani carry.
Jika, lu melihat carry lu sedang di gank, langsung Teleport(TP) ke lane itu. Pastikan carry lu selamat dari gank itu. Maka dari itu, disini gue sangat mewanti-wanti untuk selalu membawa minimal 2 TP, supaya jika terjadi ganking/pushing/teamfight lu bisa langsung menuju TKP.
Player yang baik adalah player yang selalu membawa Teleport (TP).
Jika, lu melihat carry lu sedang di gank, langsung Teleport(TP) ke lane itu. Pastikan carry lu selamat dari gank itu. Maka dari itu, disini gue sangat mewanti-wanti untuk selalu membawa minimal 2 TP, supaya jika terjadi ganking/pushing/teamfight lu bisa langsung menuju TKP.
Player yang baik adalah player yang selalu membawa Teleport (TP).
Membantu Carry mendapatkan kill
Nah, seperti yang gue sebut di atas tadi. Kalo damage nuke lu lumayan besar untuk mengharass musuh, lu bisa kasih kode sama carry lu untuk segera menghabisi musuh yang sekarat akibat harass lu tadi.
Semakin cepat carry lu mendapatkan itemnya, maka semakin cepat pula dia bisa mendominasi game. Jadi, jangan sungkan untuk memberikan carry lu kill.
Deny friendly creeps
Deny, Deny, Deny, bukan Deny Cagur.
Deny creeps adalah kondisi dimana kita me-last hit creep kita sendiri supaya musuh tidak mendapatkan exp, jika tidak ada exp, maka bisa dipastikan musuh akan lambat untuk naik level.
Caranya, cukup tunggu HP creep kita sampai sedikit, lalu klik tombol Attack ke creep sendiri. Dan, TARAAAAAA! lu udah bisa deny creep.
Selamat.
Mengganggu/Harass hero musuh
Harass hero musuh adalah cara paling efektif untuk mengontrol lane dan membantu carry mendapat last hit.
Siapa sih yang suka digangguin?
Gak ada kan?
Gak ada kan?
Sama, di Dota2 juga gitu. Sering-sering gangguin hero musuh aja. Bisa pake skill/attack biasa. Tapi, hati-hati kalo make attack biasa, karena nantinya creep musuh bakal nyerang lu, jadi tetap fokus.
Harass musuh juga sangat membantu, karena jika HP musuh sekarat, maka akan lebih mudah mendapatkan kill.
Ya to?
Ya to?
Stacking creep, Pull creep, dan Kontrol lane
Pernah liat netral creep numpuk di satu tempat sampe-sampe ga muat?
Itu bukan creepnya beranak, pak.
Itu karena ada yang stacking.
Itu bukan creepnya beranak, pak.
Itu karena ada yang stacking.
Nah, gimana sih caranya stacking netral creep? Berikut gue jelasin secara singkat jelas padat supaya ngerti semua.
Stacking creep adalah cara yang digunakan player Dota2 untuk menggandakan Exp dan Gold dari netral creep serta untuk efisiensi waktu farming. Jadi, tidak butuh waktu lama untuk menjadikan item core.
Nah, ini adalah contoh map patch 7.00
Keterangan : 0.55/0.54/0.53 adalah detik dimana lu harus menarik creep sejauh mungkin. Sementara Medium, Small, Hard, Ancients adalah jenis-jenis creep neutral.
Berikut Video cara pulling dan stacking creep :
Berikut Video cara pulling dan stacking creep :
Hal yang harus diperhatikan :
Netral creep tidak akan muncul apabila di area kotak netral creep ada Observer Ward/Sentry Ward. Jadi, untuk menggagalkan player menarik creep/pulling/Stacking. Mereka sering meletakkan Observer/Sentry Ward.
Nah, jika mengetahui demikian maka kita harus mencari Ward tersebut dan menghancurkannya. Pesan gue, hati-hati dalam meletakkan Sentry Ward, jangan di letakkan di dalam kotak area Netral creep! Karena sama aja itu menghambat lu dalam hal pulling dan stacking creep.
Dan, untuk pulling creep di menit awal, usahakan sebelum pulling creep di lane menuju neutral creep, di stacking dulu creep netralnya, baru setelah itu pulling creep lane.
Hal, ini mencegah seorang offlaner musuh mendapatkan exp, dan makin tersiksa..heehhehe.*ketawa jahat.
Netral creep tidak akan muncul apabila di area kotak netral creep ada Observer Ward/Sentry Ward. Jadi, untuk menggagalkan player menarik creep/pulling/Stacking. Mereka sering meletakkan Observer/Sentry Ward.
Nah, jika mengetahui demikian maka kita harus mencari Ward tersebut dan menghancurkannya. Pesan gue, hati-hati dalam meletakkan Sentry Ward, jangan di letakkan di dalam kotak area Netral creep! Karena sama aja itu menghambat lu dalam hal pulling dan stacking creep.
Dan, untuk pulling creep di menit awal, usahakan sebelum pulling creep di lane menuju neutral creep, di stacking dulu creep netralnya, baru setelah itu pulling creep lane.
Hal, ini mencegah seorang offlaner musuh mendapatkan exp, dan makin tersiksa..heehhehe.*ketawa jahat.
SUPPORT DI MID GAME
Nah, kita sudah beranjak ke MID game, disini tugas lu udah agak enak. Lu ga usah repot-repot lagi ngejagain carry. Karena carry sudah mempunyai item core untuk menjaga dirinya (contoh : Shadow Blade pada Slark).
Di fase game ini lu bakal sibuk dengan yang namanya Teamfight, gank, ataupun push. Makanya selalu bawa Teleport supaya bisa hadir dimanapun dan kapanpun,xD.
Jika lu bertanggung jawab untuk membeli Ward dan masangin. Tetap lakukan itu sampai akhir game berlangsung. Jangan lupa selalu Ward di area Roshan pit, siapa tau musuh lu lagi gebukin Roshan untuk mendapat Aegis.
So, tetap warding area-area yang penting.
SUPPORT DI LATE GAME
Di late game Carry dari kedua tim sudah sama-sama kuat, kita asumsikan seperti itu.
Dan gimana nasib nya dengan lu, Sang Support?
Di late game, Support akan menjadi berguna atau tidak tergantung Utility Item yang lu dapet sewaktu early-mid game dari gank dan push tower.
Misalkan hero lu Enigma, Utility Item Blink Dagger tentu sangat-sangat-sangat berguna untuk memulai Teamfight/membuka War.
Atau hero support lu Dazzle, item seperti Mekans dan Arcane boots juga sangat diperlukan oleh tim. Lu bisa komunikasikan ke tim Utility Item yang mereka perlukan.
Banyak banget Utility Item untuk Hero Support.
Btw, apa itu Utility Item?
Utility Item, adalah Item yang sangat berguna atau ada efek AOE-nya (entah itu buff/instant regen) bisa untuk team.
Utility Item
Dota2 menyediakan banyak sekali Utility item yang sangat bermanfaat untuk tim.
Sebagai seorang support player, lu ga perlu ngabisin gold lu untuk item-item gak penting. Lu cukup fokus untuk warding dan dewarding, dan segera buat utility item lu berikutnya.
Sebagai Aturan UTAMA, pastikan di map ada 4 Observer Ward terpasang, dan usahakan setelah Observer Ward cooldownya abis, LANGSUNG BELI! supaya tidak stack nantinya.
Dan item-item seperti Dust atau Sentry Ward harus siap sedia jika tim lu membutuhkannya.
Berikut adalah Utility Item yang harus dimiliki seorang Support, tergantung kebutuhan tim :
- Animal Courier/Flying Courier. Item awal yang wajib dibeli oleh seorang Support, karena memudahkan tim untuk mengantar item-itemnya lebih cepat.
- Observer Ward. Salah satu hal yang paling krusial adalah Warding. Lu bisa dikatakan Pro atau tidak nya dalam hal support bisa dilihat dari cara lu Warding. Naro Ward semua orang juga bisa, tetapi efektif tidaknya? gak tau, lol. Makanya Warding juga adalah salah satu Seni dalam bermain Support. Terus gimana sih caranya Warding? Nah, semuanya akan dibahas tuntas di Artikel Warding dan Dewarding Dota2. Sekilas gue terangin aja tempat-tempat yang biasa untuk Warding : Rune, Roshan, Highground(termasuk perbukitan yang ada tempat khusus Warding), Lane, dll. Kalo ada Warding berarti ada Dewarding, yaitu menghancurkan Ward musuh untuk mendapatkan extra gold. Dewarding juga membutuhkan feeling dan perasaan, serta harus bisa membaca gerak-gerik hero musuh. Pokoknya nanti gue jelasin secara mendalam di lain kesempatan.
- Dust of Appearance/Sentry Wards. "DUST WOI DUST!", biasanya temen 1 tim lu teriak-teriak kalo ada hero yang ilang-ilang. Nah, disini tugas lu sebagai support untuk selalu membawa Dust jika ada hero invis dan hero yang memakai Shadow Blade. Serta Sentry Ward untuk mencegah gank dari hero-hero yang mempunyai kemampuan menghilang tersebut.
- Smoke of Deceit. Smoke biasanya digunakan di kompetitif match pro player. Membuat hero di sekeliling menghilang dan tidak bisa di deteksi ward. Cocok untuk para ganker, dan 5 man gank. Atau untuk memasang Ward tanpa diketahui musuh.
- Mekans. Item ini adalah item yang sering dibeli oleh para Support untuk memback-up teamfight atau menyelamatkan temen 1 tim. Item HP regen instant yang kalo gue bilang murah lah. Tetapi kesalahan yang sering dilakukan para support adalah mereka sering tidak memperhitungkan Mana. Sehingga sewaktu item Mekans ini dibutuhkan, Mana mereka ngga ada, lol. Jadi, tetep harus perhitungkan semuanya, ya.
- Pipe of Insight. Item advanced ini sangat berguna sekali dalam teamfight. Memberikan tim resist spell damage musuh. Cocok sekali digunakan untuk mengurangi damage Area of Effect yang ditimbulkan hero musuh.
- Arcane Boots. Item lanjutan dari Boots yang memberikan extra mana apabila di klik. Sangat cocok untuk hero support tipe babysitter.
- Force Staff. Memberikan status yang lumayan bagus, dan dengan kemampuan mendorong nya mempunyai 2 kelebihan. Menolong diri sendiri dari kejaran musuh atau menolong teman 1 tim untuk kabur.
- Eul's Scepter of Divinity. Sama seperti force staff, bedanya Eul's akan menerbangkan (disable) musuh beberapa saat. Bisa juga untuk diri sendiri untuk menghindari spell area musuh.
- Ring of Basilius/Ring of Aquila. Item yang biasa dibeli untuk hero support caster. Ketika diaktifkan, ring ini akan memberikan sedikit extra mana regen dan bonus armor kepada ally terdekat.
- Vladmir's Offering. Item lanjutan dari Ring of Basilius. Biasanya item ini dipake di hero-hero Support STR. Tujuannya supaya temen 1 team dapet bonus Life steal dari hit creep atau hero musuh, dan memberikan bonus armor serta mana regen. Vladmi'rs Offering sangat efektif apabila ada banyak hero melee di tim.
- Urn of Shadows. Salah satu item favorit gue dalam hal support menyupport. Karena memberikan charge regen HP apabila ada hero musuh yang mati di sekitar pemakai Urn. Bisa juga untuk memberikan buff damage per second apabila di klik ke hero musuh.
- Veil of Discord. Veil sebenarnya alternatif, apabila hero support lu dan carry lu tipe nuker/caster barulah item ini efektif dalam teamfight. Memberikan buff minus spell resist. Hmm.. lumangyan lah daripada lu manyun.
BEBERAPA TIPS UNTUK SUPPORT
Positioning, Positioning, Positioning
Sampe 3 kali gue ulang-ulang.
Positioning bagi support itu hal yang sangat PENTING DAN VITAL! Ingat main Dota2 harus Ingat Positioning !
Penempatan posisi yang benar akan memberikan efek positif dan dampak yang bagus buat tim lu, dan sebaliknya, jika dalam hal Positioning lu buruk, maka bisa dipastikan lu akan mati sebelum lu bisa support temen 1 tim.
Dan itu buruk.
Positioning bagi support itu hal yang sangat PENTING DAN VITAL! Ingat main Dota2 harus Ingat Positioning !
Penempatan posisi yang benar akan memberikan efek positif dan dampak yang bagus buat tim lu, dan sebaliknya, jika dalam hal Positioning lu buruk, maka bisa dipastikan lu akan mati sebelum lu bisa support temen 1 tim.
Dan itu buruk.
Selalu belajar membaca Mini Map, kembangkan kemampuan lu dalam feeling membaca situasi. Itu penting dan jangan pernah sepelekan event sekecil apapun yang terjadi selama permainan. Karena peristiwa di Dota2 terjadi karena sebab-akibat.
Beberapa contoh : Karena Ward lu di Deward musuh, jadi Map gelap dan Carry Mid sering kena gank. Contoh lagi : Karena lu ga stack creep netral jadinya carry lu agak lama buat jadiin itemnya. Jadi, rangkaian event/kejadian di Dota2 itu pada hakekatnya saling berkaitan. Ujung-ujungnya mempengaruhi jalannya permainan.
Jadi, ada semacam chemistry terselubung yang menyebabkan harmonisasi dan kudeta hati yang menyebabkan konspirasi hati serta konspirasi kemakmuran.
Jadi, ada semacam chemistry terselubung yang menyebabkan harmonisasi dan kudeta hati yang menyebabkan konspirasi hati serta konspirasi kemakmuran.
29 is my age.
Wkkwakwkakw, becanda sedikit biar ga stress, xD.
Btw, itu bahasa Vickinisasi. Gue sendiri gak ngerti maksudnya apa.
Btw, itu bahasa Vickinisasi. Gue sendiri gak ngerti maksudnya apa.
Bagus sih Teorinya, tapi gimana prakteknya?
Ok begini saudara saudari setanah air, teori adalah pengetahuan, sementara praktek adalah tindakan nyata dari teori yang kita pelajari.
Praktek adalah penerapan dari teori. Teori adalah dasar pengetahuan sebelum penerapan.
Ngerti?
Tanpa teori?
Siap-siap aja cenga-cengo dalam game. Atau pasti lu di maki-maki temen sendiri.
Siap-siap aja cenga-cengo dalam game. Atau pasti lu di maki-maki temen sendiri.
So, pastikan lu pegang dasarnya baru lu terjun ke lapangan.
Itu baru "Good Player".
"Tapi kan ada beberapa faktor juga yang menyebabkan permainan berjalan tidak semestinya?"
Ya, memang. Apalagi dalam hal Support. Pasti ada aja hal yang absurd yang dilakukan player-player Dota2 di luar sana.
Hal-hal apa aja yang membuat Game serasa menyebalkan dan masalah-masalah yang biasa ditimbulkan oleh seorang player Dota2 ? Lets chekidhot :
Tukang Auto-Attack, Tukang ngeluh, Tukang ngebacot
Nih, beberapa trouble player Dota2.
Kalo lu carry terus lu ngeliat support lu auto-attack creep tanpa rasa bersalah, lu harus negur dia baik-baik supaya jangan auto-attack creep.
Kenapa?
Auto-attack bisa menyebabkan creep musuh habis lebih cepat dan menguntungkan musuh, karena creep kita bakal berada dekat dengan tower dia, jadi dia lebih merasa aman dan nyaman untuk farming.
Jadi, kalo bisa sebagai support jangan auto-attack creep musuh, cukup deny friendly creep aja.
Kalo lu carry terus lu ngeliat support lu auto-attack creep tanpa rasa bersalah, lu harus negur dia baik-baik supaya jangan auto-attack creep.
Kenapa?
Auto-attack bisa menyebabkan creep musuh habis lebih cepat dan menguntungkan musuh, karena creep kita bakal berada dekat dengan tower dia, jadi dia lebih merasa aman dan nyaman untuk farming.
Jadi, kalo bisa sebagai support jangan auto-attack creep musuh, cukup deny friendly creep aja.
"Uh coba tadi gue yang mid, pasti owning ini!" atau "Cih, ngeward terus kapan gue dapet itemnya?", "Ah, Carrynya cupu!". Tipe-tipe orang seperti ini banyak banget di pub/ranked game. Kerjaannya curhat, wkwkkwkwa. Bukannya fokus sama heronya, tapi banyak curhatnya.
Lau mo curhat di facebook ato medsos laennya, ini Dota2. Jadi, singkirin lau punya ego dan kepentingan.
Dan itu sama sekali GAK PENTING! tim lu ga peduli ama cuitan lu di Chat, mereka taunya kalo lu support ya lakukan tugas support, dan jika lu carry lakukan tugas carry.
Lau mo curhat di facebook ato medsos laennya, ini Dota2. Jadi, singkirin lau punya ego dan kepentingan.
Dan itu sama sekali GAK PENTING! tim lu ga peduli ama cuitan lu di Chat, mereka taunya kalo lu support ya lakukan tugas support, dan jika lu carry lakukan tugas carry.
Tim lu bakal respon chat yang nyambung sama permainan. Selain itu ya mereka fokus sama permainan.
Terutama para Trashtalker (Bacoters).
Terutama para Trashtalker (Bacoters).
Gue jadi keinget event lucu kan jadinya,xD.
Jadi begini ceritanya, gue punya temen di Dota2, cewek. Tiba-tiba dia chat ngajak party bareng cowoknya. Gue sebenernya dari awal udah males, karena gue pasti jadi obat nyamuk doang, wkwkwa xD. Finally, dia maksa karena dia temen baik gue juga, akhirnya oke deh gue mau.
Lalu di invite lah gue, disitu bareng cowoknya yang MMR 5000an.
Kalo ngga salah waktu itu gue pake Dazzle. Temen gue pake Pudge, nah cowoknya ini pake Templar Assasins.
Kalo ngga salah waktu itu gue pake Dazzle. Temen gue pake Pudge, nah cowoknya ini pake Templar Assasins.
Awal jelas owning, karna gue kerja keras roaming kemana-mana, dan ward gue juga jarang di deward musuh. Pas di mid-late game, si cowoknya ini sering kena smoke gank gara-gara gak pernah baca map. Wicked sick pecah, berapa kali tuh mistake kayak gitu. Terus temen gue ini juga sering mati pulak, xD.
Lucunya yang gue ga abis pikir, si cowoknya ini Blame gue sambil marah-marah di mik.
Dengan alibi gue gak pernah cover dia.
Lucunya yang gue ga abis pikir, si cowoknya ini Blame gue sambil marah-marah di mik.
Dengan alibi gue gak pernah cover dia.
LOL BANGET GITU LOH.
Padahal gue udah berapa kali ping dia supaya jangan terlalu offiside. Tapi dia bandel , yowislah.
Padahal gue udah berapa kali ping dia supaya jangan terlalu offiside. Tapi dia bandel , yowislah.
Setelah puas marah-marah di mik dia throw.
Sambil chat di all "GG'' "Our Dazzle GG". Padahal kalo dia gak throw masih ada kesempatan turn table.
Ya, endingnya kita kalah. Padahal skor menang jauh, wkwkwk.
Gue nulis ini keinget itu jadi antara sedih, pengen nangis sama ketawa.
Gue nulis ini keinget itu jadi antara sedih, pengen nangis sama ketawa.
Itu adalah salah satu moment yang gak bakal gue lupain, karena seumur-umur hidup gue maen Support, saat itulah gue sama sekali gak dihargain.
Temen gue langsung chat minta maaf, dia tau cowoknya yang salah.
Gue bilang "Gak apa-apa, kok"
Gue bilang "Gak apa-apa, kok"
UHHHHHHHHHHHHH...padahal dalem hati gondoknya minta ampun, xD.
Akhirnya setelah itu, beberapa minggu kemudian temen gue invite gue lagi.
Respon gue?
YA GUE DECLINE LAAAA!!
Gila aja lu main sama orang yang gak ngehargai usaha orang. Pengennya bener sendiri, ya orang juga mikir 1 juta kali buat maen sama orang model begitu, lol.
Akhirnya setelah itu, beberapa minggu kemudian temen gue invite gue lagi.
Respon gue?
YA GUE DECLINE LAAAA!!
Gila aja lu main sama orang yang gak ngehargai usaha orang. Pengennya bener sendiri, ya orang juga mikir 1 juta kali buat maen sama orang model begitu, lol.
Makanya lain kali ati-ati sama cocotmu.
Lu butuh skill supportnya buat tim, tapi lu ga ngehargai orangnya.
Ya, sama juga bohong.
Lu butuh skill supportnya buat tim, tapi lu ga ngehargai orangnya.
Ya, sama juga bohong.
Lagian dengan lu ngebacotin orang dan nyakitin perasaannya, mungkin feeling lu bakal merasa mendingan.
Tapi apa yang terjadi berikutnya?
Ya orang itu gak akan mau dengerin lu, dan secara nggak langsung lu udah menciptakan suasana atmosfir buruk buat tim gara-gara bacotan lu.
Sadar gak sih? Wahai para Toxic?
Sadar gak sih? Wahai para Toxic?
Carry yang tidak bisa last hit, dan Support yang menganggap dirinya Carry
Serba salah kalo ngadepin situasi kayak gini.
Sewaktu lu jadi support liat carry gak bisa farming dan last hitnya selalu miss.
Dan sewaktu lu jadi carry, lu liat support lu selalu last hit creep lu dan rush bikin item untuk diri sendiri.
Pernah menghadapi situasi awkward kek gini kan?
Solusi yang pertama jika lu carry nya, lu bisa tegur baik-baik si Support supaya jangan last hit creep. Jika, dia masih last hit creep berarti dia masih belum mengerti cara supporting. Mengalah adalah cara terbaik, lu bisa pull creep dan dapet gold dari sana, pokoknya dari mana aja supaya item lu cepet jadi, karena lu seorang carry harusnya lu bisa lebih kreatif buat dapetin gold dan last hit.
Yang kedua jika lu supportnya, ngeliat carry lu selalu miss last hit. Lu bisa "Backing up" last hit.Jadi, lu attack creep setelah carry melakukan attack. Kadang-kadang ngelakuin backing up last hit ini agak-agak susah juga. Karena ini bisa membuang waktu untuk kita harass musuh dan deny creep. Terus malah keliatannya kayak 2 orang berebutan creep, padahal mah supaya gold nya gak kebuang percuma,hahaha.
Makanya sepakat lah, kalau mau pick Carry itu harus bisa last hit yak, :).
Makanya sepakat lah, kalau mau pick Carry itu harus bisa last hit yak, :).
Carry selalu mati konyol
Jika carry selalu mati konyol di lane itu mungkin karena dia Rambo, atau adanya miss komunikasi antara support dan carry.
Dan hal ini sangat fatal.
Carry seharusnya farming dan jangan mati. Jika carry matinya banyak, ya susah untuk mendapatkan item dan musuh bakal dominasi lane.
Lu bisa kasih tau mereka apa yang salah.
"Tapi kadang mereka juga sih yang bodoh!".
"Tapi kadang mereka juga sih yang bodoh!".
Ya, sebisa mungkin lu harus bisa cover carry lu. Tapi, ada kalanya lu gak bisa selametin carry lu. Dan hal itu gak apa-apa, daripada lu coba selametin carry lu tapi lu ikut mati juga?.
Hayo?.
Bermain support sudah bagus, tetapi akhirnya kalah?
Ini yang gue ceritain tadi.
Contoh, lu adalah seorang Support yang jago Warding, dan lu pasang Ward anti-gank di Safe lane supaya Carry lu bisa melihat potensi ganking dan supaya lu bisa agak leluasa roaming.
Nyatanya?
Carry lu tetep kena gank.
Carry lu tetep mati di lane.
Nyatanya?
Carry lu tetep kena gank.
Carry lu tetep mati di lane.
Terus fungsinya apa lu jago Warding kalo tim lu sendiri gak pernah liat Mini-Map?
Hayoo? hahahaha.
Hayoo? hahahaha.
Struggle bingits.
Tapi ingat, itu bukan salah lu. Dan somehow, kerja keras lu malah jadi sia-sia disini.
Dan, sekali lagi Blaming tidak akan menyelesaikan masalah. Tetap komunikasi, komunikasi dan komunikasi. Jika, kasusnya seperti di atas, lu bisa PING! untuk mengingatkan melihat Mini-Map dari potensi ganking.
Mudah bukan?
Lu Support ya tugasnya ngesupport, lakukan tugas support sebisa mungkin. Lakukan yang terbaik buat tim lu. Dan ini bukan hanya permainan lu dan Carry kan?. Masih ada 3 orang lagi yang bisa diandalkan untuk membantu. So, stay positive.
Mudah bukan?
Lu Support ya tugasnya ngesupport, lakukan tugas support sebisa mungkin. Lakukan yang terbaik buat tim lu. Dan ini bukan hanya permainan lu dan Carry kan?. Masih ada 3 orang lagi yang bisa diandalkan untuk membantu. So, stay positive.
Semua berjalan tidak baik, dan mulai menyalahkan
INI PENYAKIT!
Sekali lagi.
INI PENYAKIT!
Penyakit yang banyak menjangkiti para player Dota2 adalah BLAMING.
Ketika semua berjalan tidak baik, ketika semua berjalan tidak sesuai ekspektasi, lalu semua orang menyalahkan.
Apapun disalahkan.
Player, LAG, Mouse, Keyboard, apapun disalahkan, bahkan ada orang lewat pun gak salah apa-apa dibacotin.
Sekali lagi.
INI PENYAKIT!
Penyakit yang banyak menjangkiti para player Dota2 adalah BLAMING.
Ketika semua berjalan tidak baik, ketika semua berjalan tidak sesuai ekspektasi, lalu semua orang menyalahkan.
Apapun disalahkan.
Player, LAG, Mouse, Keyboard, apapun disalahkan, bahkan ada orang lewat pun gak salah apa-apa dibacotin.
"Coba tadi ada 10 Ward di Map, pastinya kita menang".
Atau
"Coba tadi gue yang Mid".
Atau lagi.
"Elu sih matinya banyak banget!"
"Coba tadi gue yang Mid".
Atau lagi.
"Elu sih matinya banyak banget!"
Lagi-lagi.
"Kalau aja tadi gue carry, pasti gak kalah tadi!"
Sekalian aja,
"Coba tadi gue gak main Dota, pasti gak turun MMR gue!"
"Coba tadi gue gak main Dota, pasti gak turun MMR gue!"
See?
Kalo, kita sering menyalahkan, sering membuat alasan. Justru itu malah membuat kondisi tim makin down dan membuat suasanya menjadi tidak menyenangkan lagi.
Cobalah dewasa sedikit, bukannya menyalahkan.
Semua pernah salah, kok.
Seperti yang gue pernah bilang, BAHKAN ALOGARITMA dan RUMUS EINSTEIN sekalipun tidak bisa memprediksi jalannya permainan.
Semua pernah salah, kok.
Seperti yang gue pernah bilang, BAHKAN ALOGARITMA dan RUMUS EINSTEIN sekalipun tidak bisa memprediksi jalannya permainan.
Jadi, sebenarnya Dota2 adalah permainan Mental.
Karena teknis di Dota2 itu mudah, jika kita punya kemauan belajar.
Mental lu udah Down, lu pasti kalah.
Karena teknis di Dota2 itu mudah, jika kita punya kemauan belajar.
Mental lu udah Down, lu pasti kalah.
Tetapi, jika mental lu Positif, lu bermain sebaik mungkin, KALAH PUN minimal lu sudah berusaha. Dan lu masih bisa bangga dengan kekalahan lu. Daripada udah mengkerut sebelum bertanding?.
BLAMING, bahkan FLAMING itu adalah sesuatu yang menimbulkan dampak buruk bagi permainan.
Gue udah kenyang di blame dan di flame Rasis, bawa-bawa orang tua, Agama, dll, pak.
Tapi gue gak pernah bales, gue cuma mute supaya jangan berisik dan bermain sebaik gue supaya gue berguna buat tim.
Kata orang-orang justru bacotan blame dan flame itu yang bikin kita strong.
Kalau gue bilang ya tergantung.
Kata orang-orang justru bacotan blame dan flame itu yang bikin kita strong.
Kalau gue bilang ya tergantung.
Gak semua orang bisa strong dengan blaming, pak.
Blaming itu udah ga bener dari awal, karena bisa bikin mental team down.
Terus, lu pikir semua orang bisa strong dengan Blame?
Blaming itu udah ga bener dari awal, karena bisa bikin mental team down.
Terus, lu pikir semua orang bisa strong dengan Blame?
"Are you FUCKING KIDDING ME?"
*Jadi esmoni saya kan.
Soalnya gue gedek sama orang yang membenarkan bacotan atau blame itu sesuatu yang wajar dalam game. Hey dude, itu sama sekali gak wajar.
Lu boleh bacot, boleh blame, TAPI SETELAH GAME.
Kalau setelah game kan gak ada orang yang baca chat atau denger lu ngomong lewat mik. Nah, lu ngoceh-ngoceh deh sono, marahin layar PC lu, marahin Mouse lu, marahin pembantu lu.
Disangka stress dah lu, awkoekawokeaowke.
Ingat, player yang baik adalah player yang tidak "menyalahkan".
Player yang baik adalah player yang selalu "mengevaluasi".
Disangka stress dah lu, awkoekawokeaowke.
Ingat, player yang baik adalah player yang tidak "menyalahkan".
Player yang baik adalah player yang selalu "mengevaluasi".
Dari pada gue nyalahin temen, mendingan gue evaluasi tadi kira-kira apa yang salah ya?
KESALAHAN YANG BIASA DILAKUKAN OLEH SUPPORT
Membuat Utility Item yang Mahal Apapun Caranya
Tidak bisa.
Mindset "Carry" lu mesti lu buang jauh-jauh ketika lu menjadi Support untuk team.
Mindset "Carry" lu mesti lu buang jauh-jauh ketika lu menjadi Support untuk team.
Mungkin tugas lu mulia gitu yah, pengen bikin Mekans atau Blink Dagger di awal untuk bisa membantu team.
Tetapi itu sama sekali sia-sia.
Gak ada gunanya.
Karena lu ingin bikin item, maka lu gak beli ward, dan lu ninggalin Carry begitu aja sehingga do'i mati berulang kali dilanenya, sementara lu asyik farmingan pake Crystal Maiden di Neutral Camp?
Tetapi itu sama sekali sia-sia.
Gak ada gunanya.
Karena lu ingin bikin item, maka lu gak beli ward, dan lu ninggalin Carry begitu aja sehingga do'i mati berulang kali dilanenya, sementara lu asyik farmingan pake Crystal Maiden di Neutral Camp?
Worth?
Ya, jelas TIDAK!
Lu gak bisa melupakan tugas basic lu sebagai Support daripada membuat Big Utility Item seperti Blink Dagger dan Mekans.
Jadi, meskipun role asli lu carry, tapi ketika lu jadi Support buat tim.
Ya, lakukan at all cost!.
Ya, jelas TIDAK!
Lu gak bisa melupakan tugas basic lu sebagai Support daripada membuat Big Utility Item seperti Blink Dagger dan Mekans.
Jadi, meskipun role asli lu carry, tapi ketika lu jadi Support buat tim.
Ya, lakukan at all cost!.
Sedikit Komunikasi atau Bahkan Tidak Ada Sama Sekali
Once again, komunikasi adalah hal yang vital dalam bermain Dota2.
Dari mulai Drafting Hero, komunikasi harus mulai berjalan.
Atau hanya sekedar "Missing Mid!", itu adalah informasi yang penting untuk team agar lebih waspada.
Atau hanya sekedar "Missing Mid!", itu adalah informasi yang penting untuk team agar lebih waspada.
Ingat, Komunikasi.
Bukan Ngegosip.
Jangan ngegosip dalam game.
Bukan Ngegosip.
Jangan ngegosip dalam game.
Apalagi arisan.
Misalkan, lu ingin buat Vladmir's Offering sebagai Ursa, eh gak taunya Abaddon bikin Vladmir juga. Hal itu tentu akan sia-sia bukan?
Atau, ada komando untuk Push secepatnya, tapi "Ravage" lu masih cooldown.
*Ravage = Ultimate Tidehunter*
Atau, ada komando untuk Push secepatnya, tapi "Ravage" lu masih cooldown.
*Ravage = Ultimate Tidehunter*
Lu harus bisa mengkomunikasikan hal itu ke tim, supaya next 30 detik kedepan baru kita mulai push.
Contoh lain : Lu pake Crystal Maiden, dan temen lu pake hero Vengeful Spirit.
"Nanti lu stun, abis lu stun, baru gue stun, ok?".
Nah, komunikasi-komunikasi seperti ini yang bener-bener diperlukan tim. Jangan sampe lu lakukan double sampe triple stun ke musuh yang akhirnya gak memberikan durasi lebih lama, sehingga target gank lu bisa kabur dengan mudah.
That's what Im talking about.
Itulah Komunikasi.
Lakukanlah untuk membuat game terasa lebih menyenangkan.
Contoh lain : Lu pake Crystal Maiden, dan temen lu pake hero Vengeful Spirit.
"Nanti lu stun, abis lu stun, baru gue stun, ok?".
Nah, komunikasi-komunikasi seperti ini yang bener-bener diperlukan tim. Jangan sampe lu lakukan double sampe triple stun ke musuh yang akhirnya gak memberikan durasi lebih lama, sehingga target gank lu bisa kabur dengan mudah.
That's what Im talking about.
Itulah Komunikasi.
Lakukanlah untuk membuat game terasa lebih menyenangkan.
Support yang Berubah Menjadi Carry
Suatu hari, lu bermain sebagai Support dan permainan lu bagus. Lu bisa ngekill carry lawan, lu bisa owning lane, lu bisa ganking mid lane, dan lain-lain. Pokoknya GG lah.
Akhirnya gold banyak menghampiri diri lu.
Dan disini Setan-Setan bermunculan karena banyaknya gold yang ada.
Akhirnya gold banyak menghampiri diri lu.
Dan disini Setan-Setan bermunculan karena banyaknya gold yang ada.
Finally, HENSHIN!.
"Ah, persetan ama ngesupport, gue udah dapet banyak Gold. Gue bikin Dagon terus bikin Etheral Blade. Wih..pasti musuh kelojotan deh, hahaha! dan pastinya gue bakal di puji-puji, dan Ngeward? Ah, orang lain juga bisa beli kan?".
"Ah, persetan ama ngesupport, gue udah dapet banyak Gold. Gue bikin Dagon terus bikin Etheral Blade. Wih..pasti musuh kelojotan deh, hahaha! dan pastinya gue bakal di puji-puji, dan Ngeward? Ah, orang lain juga bisa beli kan?".
Nah, ketika lu dalam situasi ini. Lu harus pertanyakan kedua hal ini dulu sama diri lu sendiri.
"Ada hero yang bisa cover beli ward dan item support lainnya gak yah di team?".
"Apa ada hero di tim gue yang bisa ngegantiin posisi gue sebagai seorang support?".
Jika, jawabannya "Tidak ada".
Maka, urungkan niat beli Dagon dan Etheral Blade. Lu mendingan stock wards yang banyak serta item useful lainnya untuk tim.
Atau lu bisa beli Utility item seperti Blink Dagger di awal atau Mekans untuk memudahkan lu membantu roaming dan ganking.
Nikmati jadi Support yang "Tajir" dan pastikan Carry lu dapetin kelima item latenya.
Gak usah aneh-aneh deh, ya.
"Ada hero yang bisa cover beli ward dan item support lainnya gak yah di team?".
"Apa ada hero di tim gue yang bisa ngegantiin posisi gue sebagai seorang support?".
Jika, jawabannya "Tidak ada".
Maka, urungkan niat beli Dagon dan Etheral Blade. Lu mendingan stock wards yang banyak serta item useful lainnya untuk tim.
Atau lu bisa beli Utility item seperti Blink Dagger di awal atau Mekans untuk memudahkan lu membantu roaming dan ganking.
Nikmati jadi Support yang "Tajir" dan pastikan Carry lu dapetin kelima item latenya.
Gak usah aneh-aneh deh, ya.
Demi kemenangan tim lu.
"Support mati banyak mah gak apa-apa, bro!"
SALAH! ITU JELAS SALAH!
Itu kesalahan mindset support yang fatal yang harus diperbaiki.
Gimanapun juga, mau carry mau support, mati adalah hal yang harus dihindari.
Di kill musuh = Ngasih Gold ke musuh = Musuh Jadi Item = Lu kalah level dan item.
Sama dengan LOSE.
Gimanapun juga, mau carry mau support, mati adalah hal yang harus dihindari.
Di kill musuh = Ngasih Gold ke musuh = Musuh Jadi Item = Lu kalah level dan item.
Sama dengan LOSE.
Itu, Catet!
Jadi, siapapun gak bisa mati konyol.
Pengecualian, jika lu mati karena nyelametin carry. Itupun gak sering-sering kan? Hanya 1 sampai 2 kali mungkin. Jika terus terusan, berarti carry lu perlu dikasih tau supaya jangan engage musuh sampai memancing keributan.
Jadi, siapapun gak bisa mati konyol.
Pengecualian, jika lu mati karena nyelametin carry. Itupun gak sering-sering kan? Hanya 1 sampai 2 kali mungkin. Jika terus terusan, berarti carry lu perlu dikasih tau supaya jangan engage musuh sampai memancing keributan.
Kasus yang sering banyak terjadi sama support adalah ketika ingin masang ward di daerah musuh atau perbatasan antara Radiant dan Dire. Support yang baik selalu memakai Smoke of Deceit untuk memasang ward. Undetected dan musuh pun tidak akan menotice hal itu.
Lain halnya jika lu jojong aja jalan kaki ke highground Shrine musuh, tau-tau 2 3 hero sudah nungguin lu di atas.
Lain halnya jika lu jojong aja jalan kaki ke highground Shrine musuh, tau-tau 2 3 hero sudah nungguin lu di atas.
Wassalam, deh.
Jadi, mati sia-sia. Ward lu di deward, lu mati, musuh dapet gold.
Akhirnya nyesel, "Iya ya, kok gue blo'on ya?", akwoeakwoek, xD.
Jadi, mati sia-sia. Ward lu di deward, lu mati, musuh dapet gold.
Akhirnya nyesel, "Iya ya, kok gue blo'on ya?", akwoeakwoek, xD.
"Be Smart Support, not Dumbass Support".
CONCLUSION (KESIMPULAN)
Akhirnya, setelah membaca dari awal sampai sini. Kita bisa mengambil beberapa kesimpulan untuk Artikel yang dawa (dawa=panjang) ini.
Capek ternyata ngetik.
Gak apalah, semua ini demi kalian juga.
Capek ternyata ngetik.
Gak apalah, semua ini demi kalian juga.
Buat gue juga, kok. Supaya bisa lebih baik lagi kedepannya, amin.
Kesimpulannya :
Role Support adalah role yang penuh tantangan dan mengasyikkan bagi gue pribadi, jadi membuat game lebih berwarna ketimbang farming dan farming.
Ya, kan?
Sebagai seorang support pastinya selalu terlibat teamfight, ganking, dan roaming. Dan peran seorang support sangat penting dan vital sekali di dalam sebuah tim.
Role Support adalah role yang penuh tantangan dan mengasyikkan bagi gue pribadi, jadi membuat game lebih berwarna ketimbang farming dan farming.
Ya, kan?
Sebagai seorang support pastinya selalu terlibat teamfight, ganking, dan roaming. Dan peran seorang support sangat penting dan vital sekali di dalam sebuah tim.
Mungkin role Support tidak sebegitu tenar melebihi seorang role Carry seperti Miracle- dll.
But, always remember this. "Behind The Great Carry, There Always Great Support".
Karena sejago-jagonya lu bermain Invoker, jika support lu gak bisa cover.
Percuma, bro.
Percuma, bro.
Jadi, disini ada semacam simbiosis mutualisme(*bener gak sih gue?). Semacam hubungan saling menguntungkan antara Core dan Support. Keduanya role ini saling bersinergi sehingga menjadikan permainan menjadi sangat seru, intense dan menyenangkan juga tentunya.
Dan gak membosankan.
Coba kalo carry semua. Pasti sibuk farming semua, membosankan!.
Coba kalo carry semua. Pasti sibuk farming semua, membosankan!.
Intinya bermain Support itu santai aja. Lu ga harus dituntut seperti Carry, lu lakuin apa yang lu bisa. Terapkan semua pengetahuan lu dalam permainan, dan biarkan Carry yang menyelesaikan. Job's done.
Jadi, gak perlu kuatir, seperti :
Jadi, gak perlu kuatir, seperti :
"Aduh gimana yah ini nanti kalah kalo sampe gue gak beli Blink Dagger?!"
Atau.
"Wah gawat, gue belum dapet sepatu arcane nih!"
"Wah gawat, gue belum dapet sepatu arcane nih!"
Atau ini.
"Waduh, gue gak pake celana nih?!"
"Waduh, gue gak pake celana nih?!"
Santai aja.
Relax, bro. Lu ga dituntut beli item sebagai Support, kok.
Item bukan tujuan lu dalam hal men-Support, tetapi kontribusi lu ke tim dengan membantu tim. Seperti beli ward, dll, gue udah jelasin diatas.
Item bukan tujuan lu dalam hal men-Support, tetapi kontribusi lu ke tim dengan membantu tim. Seperti beli ward, dll, gue udah jelasin diatas.
Dapet tim yang bagus dan bisa menghargai semua kerja keras lu adalah hal yang bener-bener bikin terharu sekaligus bahagia.
Serius, gue alami sendiri, kok.
Penghargaan.
Dan itu rasanya, wah gak bisa diungkapkan pake kata-kata, pak.
Penghargaan.
Dan itu rasanya, wah gak bisa diungkapkan pake kata-kata, pak.
Akhirnya, kita diingatkan kembali.
"Dota adalah permainan team, dan permainan team butuh kerja sama".
Ok, sampai sini Guide Support Dota 2 Indonesia : Basic to Intermediate.
Gue, blogger unyu, absurd, nan menggemaskan undur diri doeloe.
Kita berjumpa lagi di artikel Dota2 selanjutnya.
Gue, blogger unyu, absurd, nan menggemaskan undur diri doeloe.
Kita berjumpa lagi di artikel Dota2 selanjutnya.
Dan, akhirul kalam.
Stay low, grab dat mouse!
Salam Olahraga!
(*source : dotafire, pengalaman pribadi serta sahabat Dota)
Salam Olahraga!
(*source : dotafire, pengalaman pribadi serta sahabat Dota)
(*source image : google)
0 Response to "Guide Support Dota2 Indonesia : Basic to Intermediate"
Post a Comment