TUTORIAL INSTALASI RAPOT ONLINE


Baca Juga

ASSALAMMUALAIKUM WR.WB




PENGERTIAN

Rapot Online adalah suatu aplikasi CMS yang berfungsi untuk mempermudahkan para kedua orang tua untuk memonitoring nilai anaknya. Contoh kasus , apabila ada orang tua wali murid yang ingin melihat hasil rapot anaknya, sementara si orang tua ini berada di tempat perantauan. kedua orang tua ini cukup mengetikan alamat server sekolah untuk melihat hasil rapot dari anaknya.

LATAR BELAKANG

Karena perkembangan zaman dan teknologi yang ada, dan untuk mempermudah para orang tua untuk memonitoring nilai dari anaknya . Untuk itulah saya meng install aplikasi rapot online ini.

MAKSUD & TUJUAN

Untuk mempermudah para orang tua untuk melihat hasil atau nilai dari anaknya selama disekolah.

ALAT & BAHAN

1. 1 Server
2. 1 laptop client
3. koneksi internet
4. aplikasi rapot online

JANGKA WAKTU

Jangka waktu yang diperlukan untuk instalasi kurang lebih 15 menit

LANGKAH KERJA

1. Pertama-tama koneksikan laptop client pada jaringan server anda.

2. kemudian masuk ke terminal dan masuk kedirektori yang menyimpan file raport online. lalu untuk melihat isi direktori ketik # ls . setelah itu kita copy aplikasi tersebut ke server kita dengan cara # scp namafile kholis@192.168.5.5:/home/kholis bisa dilihat seperti gambar dibawah ini.


3. setelah itu kita masuk ke ssh root server kita, seperti dibawah ini.


4. kemudian kita lihat apaka aplikasinya sudah ada atau belum dengan cara # ls .apabila ada kita copy ke direktori html dengan cara # cp rapot.zip /var/www/html lalu enter.


5. setelah itu masuk ke direktori html dengan cara # cd /var/www/html lalu kita lihat # ls .

6. setelah itu kita ekstrak dengan cara # unzip raport.zip sebelum kalian me-ekstark kalian harus menginstal unzip terlebih dahulu dengan cara # apt-get install unzip

7. setelah di-ekstrak lalu kita beri hak milik dan hak akses pada file nilaionline dengan cara # chown -R www-data:www-data nilaionline/ lalu kita ber hak akses dengan cara # chmod -R 755 nilaionline/


8. kemudian kita buka browser untuk melihat hasil yang kita instal tadi dengan cara ketik = ipserver/nilaionline/install lalu enter. lalu akan muncul tampilan seperti dibawah ini.


9. sebelum kita mengisi konfigurasi database, kita harus membuat database terlebih dahulu pada phpmyadmin anda. lihat gambar dibawah ini.


10. lalu kita isikan konfigurasi databse dan konfigurasi admin dengan benar, setelah diisi lalu klik submit.

11. apabila berhasil akan muncul tulisan berwarna hijau, lalu pilih lanjut klik disini.


12. setelah itu kita coba masuk ke tampilan nilaionline 192.168.5.5/nilaionline . lalu masuk sebagai admin. apabila diklik muncul tulisan "file instalasi terdeteksi" seperti dibawah ini.



13. untuk mengatasi permasalahan tersebut kita masuk ke direktori nilai online lalu hapus install dan install.txt dengan cara # rm -rf install/ # rm -rf installasi.txt lalu enter . lihat gambar dibawah ini.


14. coba kita masuk melalui admin, pasti tampilanya akan seperti dibawah ini, lalu login menggunakan username dan password yang kita buat sebelumnya tadi.


15. Nah ini adalah tampilan untuk admin mengedit, dari nama siswa, orang tua, mata pelajaran, nilai dll. silahkan dikembangkan sendiri ya. Tunggu Tutorial selanjutnya. Selamat mencoba.


KESIMPULAN

Jadi aplikasi ini sangat lah berguna bagi para orang tua yang ingin melihat hasil nilai anaknya, tanpa repot-repot datang ke sekolah. dan juga mempermudahkan guru untuk merekap nilai para siswanya.
 
REFERENSI

http://septianblc.blogspot.co.id/2016/12/cara-install-cms-nilai-online-di-debian.html


--Cukup sekian informasi yang dapat saya sampaikan--
Tunggu postingan berikutnya ya. .
Wassalammualaikum Wr.Wb


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TUTORIAL INSTALASI RAPOT ONLINE"

Post a Comment