INSTALASI LAMP


Baca Juga

ASSALAMMUALAIKUM WR.WB

Kali ini saya akan membagikan informasi tentang pengertian LAMP dan proses instalasinya dari awal sampai akhir. mari disimak dibawah ini. 

PENGERTIAN

    LAMP adalah istilah yang merupakan singkatan dari Linux, Apache, Mysql dan perl/php/phyton. merupakan sebuah paket perangkat lunak bebas yang digunakan untuk menjalankan sebuah aplikasi secara lengkap.

LATAR BELAKANG

   karena kita menggunakan linux dan didalamnya kita biasa menggunakan atau memasukan perintah untuk itulah LAMP perlu diinstall pada sistem operasi ini. agar bisa mendukung bahasa pemograman, web server, dan database.

TUJUAN
1. Mengetahui pengertian dari LAMP
2. Mengetahui fungsi dari LAMP
3. Mengetahui proses instalasi LAMP

JANGKA WAKTU

  Jangka waktu yang diperlukan untuk menginstall LAMP ini kurang lebih 15 menit, tergantung pada kecepatan koneksi internet yang ada.

LANGKAH KERJA


1. pertama-tama pastikan laptop kalian terkoneksi ke internet
2. setelah itu buka terminal kalian, masuk ke super user / su terlebih dahulu. setelah itu ketika # apt-get install apache2


3. setelah selesai, bisa kalian cek di browser dengan cara mengetikan IP kalian atau localhost. bila muncul tampilan web browser seperti dibawah ini, berarti instalasi apache2 sudah berhasil.

4. lalu kita install php5 , kalian bisa menggunakan contekan dengan cara # apt-get install php 5 lalu tekan tab-tab. lalu masukan sesuai kebutuhan. seperti dibawah ini. jika ingin melihat hasil instalasi bisa buka browser lalu ketik IP kalian/info.php

5. setelah terinstall kita kita berikan perintah pada PHP-extention dengan cara # nano /var/www/html/info.php lalu enter. kemudian akan muncul tampilan GNU nano. ketikan perintah :
<?php
phpinfo();
?>
lalu tekan ctrl+x pilih y untuk menyimpan lalu enter

6. kemudian kita install untuk databasenya, disini saya akan menginstall mariadb. ketik # apt-get install mariadb-server . lalu nanti akan muncul tampilan untuk membuat user dan password kalian bisa isi dengan nama dan password kalian.

7. kemudian ketik mysql_secure_installation. kemudian akan muncul tampilan seperti dibawah ini isikan pasword user kita, dan ikuti perintahnya

8. setelah itu kita install phpmyadmin, dengan cara # apt-get install phpmyadmin . kemudian ikuti langkahnya sampai selesai. jika ingin melihat hasil instalasinya, buka browser lalu ketik IP kalian/phpmyadmin . bila sudah mucul seperti dibawah ini proses instalasi phpmyadmin sudah berhasil.

KESIMPULAN
  Kita dapat mengetahui pengertian LAMP dan step by step dalam proses instalasi pada LAMP dari awal sampai akhir.

REFERENSI
 https://id.wikipedia.org/wiki/LAMP

--Cukup sekian informasi yang dapat saya sampaikan--
Kurang lebihnya mohon maaf
Wassalammualaikum Wr.Wb






Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "INSTALASI LAMP"

Post a Comment