TUTORIAL MEMBUAT VLAN PADA MIKROTIK


Baca Juga

ASSALAMMUALAIKUM WR.WB

Pada hari ini saya akan memberikan sedikit informasi tentang bagaimana membuat VLAN pada mikrotik. sebelum kita menuju proses pembuatan, mari kita simak pengeritian dari VLAN terlebih dahulu.

A. PENGERTIAN

      Virtual LAN atau disingkat VLAN merupakan sekelompok perangkat pada satu LAN atau lebih yang dikonfigurasikan (menggunakan perangkat lunak pengelolaan) sehingga dapat berkomunikasi seperti halnya bila perangkat tersebut terhubung ke jalur yang sama, padahal sebenarnya perangkat tersebut berada pada sejumlah segmen LAN yang berbeda. Vlan dibuat dengan menggunakan jaringan pihak ke tiga. VLAN merupakan sebuah bagian kecil jaringan IP yang terpisah secara logik. VLAN memungkinkan beberapa jaringan IP dan jaringan-jaringan kecil (subnet) berada dalam jaringan switched switched yang sama. Agar computer bisa berkomunikasi pada VLAN yang sama, setiap computer harus memiliki sebuah alamat IP dan Subnet Mask yang sesuai dengan VLAN tersebut. Switch harus dikonfigurasi dengan VLAN dan setiap port dalam VLAN harus didaftarkan ke VLAN. Sebuah port switch yang telah dikonfigurasi dengan sebuah VLAN tunggal disebut sebagai access port.

B. LATAR BELAKANG

         kenapa kita membuat VLAN ? karena VLAN ini berguna untuk konfigurasi VM pada PROXMOX nanti. makanya kita harus membuat VLAN ID terlebih dahulu.

C. TUJUAN
  • Mengetahui pengertian VLAN
  • Mengetahui proses pembuatan VLAN ID pada mikrotik
  • Untuk melanjutkan ke tahap berikutnya
D. JANGKA WAKTU

      Jangka waktu yang diperlukan untuk membuat VLAN (-+ 5 menit)

F. LANGKAH KERJA
  • Pertama-tama koneksikan laptop pada jaringan wifi anda
  • setelah itu masuk ke winbox
  • setelah masuk, pilih interface dan klik +, kemudian pilih VLAN seperti gambar dibawah ini.
  • setelah itu setting nama vlan dan masukan VLAN ID yang dibuat. lalu masukan interface tujuan, kalau dibawah ini saya arahkan ke ethernet 4. kalau sudah Apply>OK
  • lalu masuk ke IP>Address, lalu pilih +, setelah itu silahkan buat IP address dan arahkan interface pada VLAN yang telah kita buat tadi. lalu Apply>OK
  • Nah VLAN proses pembuatan VLAN sudah selesai, silahkan lakukan pergunakan sesuai kebutuhan.
G. KESIMPULAN

       Kita dapat mengetahui pengertian VLAN serta kegunaanya dan proses pembuatan VLAN pada mikrotik.

H. REFERENSI
  • https://id.wikipedia.org/wiki/VLAN
--Cukup sekian informasi yang dapat saya sampaikan--
Kurang lebihnya mohon maaf
Wassalammualikum Wr.Wb


    Subscribe to receive free email updates:

    0 Response to "TUTORIAL MEMBUAT VLAN PADA MIKROTIK"

    Post a Comment